FOKUS

Inilah 4 Makanan Menjijikkan yang Berasal dari Indonesia!

Pada umumnya, kita hanya memakan makanan yang sering kita lihat seperti sayur-sayuran, daging sapi, ayam, dan sebagainya. Di beberapa tempat, termasuk di Indonesia, ternyata ada juga makanan yang tak biasa.

Kamu akan berpikir dua kali untuk menyantapnya karena terlihat aneh dan menjijikkan. Tapi tak disangka, banyak pula penggemar makanan ekstrem seperti ini. Apa saja makanan menjijikkan tersebut?

1. Tikus Panggang

Jika kamu berkunjung ke beberapa pasar tradisional di Manado, maka kamu akan menemukan beberapa pedagang menjual tikus panggang. Makanan ini mungkin terlihat menjijikkan untuk kamu, namun tidak untuk masyarakat Manado.

Namun, tikus yang dijual bukan merupakan tikus sembarangan yang biasa ada di rumah atau bahkan tikus got. Tikus ini merupakan jenis tikus hutan berekor putih yang hanya mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan.

Sebelum dimasak, biasanya tikus dibersihkan dengan cara dibakar dan dikeluarkan isi perutnya lalu dijual. Untuk mengkonsumsinya, biasanya tikus dipanggang dengan bumbu yang mirip saat kamu membuat sate ayam. Salah satu yang paling unik, tikus disajikan dengan bagian kepala hingga kakinya yang utuh.

2. Jus Cacing Tanah

Jika biasanya cacing tanah dijadikan umpan untuk memancing, kali ini berbeda dan terdengar tak biasa. Tak hanya sekedar disantap, cacing tanah tersebut diolah dengan cara dijus kemudian diminum. Cara penyajiannya, cacing dikeringkan kemudian dijadikan serbuk untuk dijadikan jus.

Mungkin terdengar menjijikkan, namun jus cacing tanah dipercaya dapat mengatasi masalah seperti anak yang sulit makan serta dipercaya tinggi manfaatnya.

3. Tokek Goreng

Makanan menjijikkan selanjutnya adalah tokek goreng. Di sebagian wilayah di Jawa, tokek dijadikan makanan karena dipercaya memiliki khasiat serta manfaat yang tinggi. Daging tokek dipercaya dapat mengobati penyakit kulit, asma, dan meningkatkan stamina pria.

4. Belalang Goreng

Saat kamu berkunjung ke daerah Gunung Kidul Yogyakarta, maka kamu akan menemukan penjual menawarkan belalang goreng atau lebih dikenal walang goreng. Meski terlihat sebagai makanan menjijikkan, tak sedikit orang menggemari makanan tersebut.

Belalang goreng dipercaya mengandung banyak protein dan juga vitamin yang baik untuk tubuh. Rasa gurih dari belalang goreng tak kalah jadi alasan banyak orang menggemarinya.

Itulah makanan menjijikkan yang akan membuat kamu berpikir dua kali untuk menyantapnya. Namun meski tampilannya kurang menarik, makanan-makanan tersebut memiliki manfaat yang tak kalah tinggi. Nah, apa kamu berani mencobanya?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait