FOKUS

Israel Bumihanguskan Ratusan Rumah yang Dihuni Warga Palestina

YERUSALEM (Tandaseru) – OCHA, Lemnbaga dari PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan mencatat telah terjadi penghancuran terhadap 500 bangunan milik warga Palestina oleh Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

OCHA menyebut penghancuran tersebut merupakan praktik yang kerap dilakkukan Israel di wilayah yang di dudukinya. Pembongkaran dilakukan karena bangunan-bangunan itu disebut tak berizin. Dalam dua pekan terakhir, Israel merobohkan 22 bangunan.

Imbasnya, 50 warga Palestina mengungsi. Sebanyak 200 warga lainnya mengalami kerugian akibat penghancuran tersebut.

Anadolu Agency, dalam laporannya menyebut OCHA mencatat pada 28 September mengatakan terdapat 506 bangunan milik warga Palestina di Tepi Barat yang dihancurkan Israel. Sebanyak 134 di antaranya berada di Yerusalem Timur.

Para pengungsi Palestina di Tepi Barat, Jalur Gaza dan sekitarnya mengandalkan bantuan dari Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Namun saat ini UNRWA tengah mengalami krisis keuangan.

Pada Juli lalu Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini mengungkapkan saat ini badan yang dipimpinnya mengalami kesenjangan pendanaan sebesar 335 juta dolar AS.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait