FOKUS

Jadi Klaster Covid-19, Polda Metro Semprotkan Disinfektan di Sekitar Kediaman Habib Rizieq Shihab

JAKARTA (tandaseru) Jajaran Polda Metro Jaya melalukan penyemprotan disinfektan di sepanjang Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat atau tepatnya di sekitar kediaman Habib Rizieq Shihab yang menjadi markas Front Pembela Islam (FPI) pada Minggu (22/11) sore.

Berdasarkan pantauan Tandaseru.id di lokasi, sebanyak dua mobil water canon menyemprotkan disinfektan di sepanjang Jalan KS. Tubun, Jakarta Pusat dengan dikawal beberapa mobil dari Lalu Lintas (Lantas).

“Selamat sore warga DKI Jakarta, mohon izin kami dari Polda Metro izin menyemprotkan disinfektan untuk menghindari dari penyebaran virus corona (Covid-19),” kata petugas polisi dari dalam mobil menggunakan pengeras suara di lokasi, Minggu (22/11).

Petugas itu juga mengingatkan warga yang berada di lokasi untuk tetap mentaati peraturan protokol kesehatan Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jangan lupa untuk terus mentaati protokol kesehatan dengan 3 M, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker,” lanjut petugas tersebut.

Sebelumnya, buntut adanya sejumlah kerumunanan massa pendukung Habib Rizieq di DKI Jakarta dan Bogor yang dikhawatirkan menjadi klaster penularan Covid-19 tersebut.

Merujuk data Satgas Covid-19, terdapat tujuh orang yang terkonfirmasi positif virus corona di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat pada Jumat (20/11).

Klaster Petamburan itu didapati pihak Satgas Covid-19 setelah melakukan tes usap (swab) virus corona terhadap 15 orang, termasuk kepada Lurah Petamburan Setiyanto.

“Data yang diterima Satgas, per Kamis sore 19 November, untuk wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan swab terhadap 15 orang. Ada 7 orang positif Covid-19, termasuk Lurah Petamburan,” ujar Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo yang juga Ketua BNPB itu.

Selain itu, Doni menyatakan berdasarkan data yang diterima pihaknya per Jumat sore, pihaknya melakukan swab antigen di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Hasilnya dari swab antigen terhadap 559 orang ditemukan 20 reaktif covid-19.

“Laporan lain, terdapat 50 orang positif Covid-19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tebet,” ujar pria yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut.

Selain itu, Doni meminta Dinas Kesehatan agar melakukan tracing (pelacakan) kasus Covid-19 di kerumunan massa pendukung Habib Rizieq Shihab baik di Jakarta hingga Bogor

“Mulailah dengan tracing dari Lurah Petamburan. Selanjutnya tes massal dari keluarga inti semua yang positif,” kata jelas Doni.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com