FOKUS

Jadi Trending! Apa Itu Xenophobia yang Menyeret Nama Jisoo Blackpink

JAKARTA (tandaseru) – Kata xenophobia mendadak menjadi trending di Twitter pada Rabu (20/1) bersamaan dengan keramaian dari penggemar Blackpink yang membela salah satu member-nya, yaitu Jisoo.

Istilah xenophobia yang dituliskan ini sebagai dukungan terhadap Jisoo Blackpink dengan mengeluarkan tagar #ProtectJisoo dan #XenophobiaIsNotAJoke.

Istilah ini menggema setelah beberapa netizen menyebut Jisoo tidak lancar berbahasa Inggris dibanding Lisa, Rose, dan Jennie.

Para penggemar pun khawatir pada kondisi Jisoo karena serangan dunia maya tersebut, mereka menyebut si penyerang memiliki xenophobia. Lantas apa itu xenophobia?

Dok/Foto: Jisoo Blackpink

Apa itu Xenophobia?

Xenophobia berasal dari bahasa Yunani yaitu xenos yang berarti orang asing dan phobos yang berarti ketakutan.

Menurut Cambridge Dictionary, xenopbohia adalah ketidaksukaan atau ketakutan ekstrem terhadap orang asing, adat istiadat, atau agama, dan lain-lain.

Mengutip Very Well Mind, xenofobia sering tumpang tindih dengan bentuk prasangka lain termasuk rasisme dan homofobia, tetapi ada perbedaan penting antara phobia lainnya.

Jika rasisme, homofobia, dan bentuk diskriminasi lainnya didasarkan pada karakteristik tertentu, xenofobia biasanya berakar pada persepsi, anggota kelompok luar adalah orang asing.

Ciri-ciri Xenophobia

Mengutip Very Well Mind, Rabu (20/1), meskipun xenophobia dapat diekspresikan dengan berbagai cara, tanda-tandanya adalah:

Orang yang memiliki xenophobia biasanya merasa tidak nyaman di sekitar orang-orang dalam kelompok yang berbeda, bahkan mereka akan berusaha keras untuk menghindari area tertentu.

Selain itu, mereka juga akan menolak berteman dengan orang lain hanya karena warna kulit, cara berpakaian, atau faktor eksternal lainnya.

Orang yang mengekspresikan xenophobia biasanya percaya, budaya atau bangsanya lebih unggul, ingin menjauhkan imigran dari komunitasnya, bahkan mungkin melakukan tindakan yang merugikan mereka bisa dianggap sebagai orang luar.

Sampai saat ini, apakah xenophobia termasuk dalam kategori gangguan mental masih menjadi perdebatan. Hanya saja xenophobia ini sering dikaitkan sebagai bentuk diskriminasi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com