FOKUS

Jakarta Banjir, Ini Pesan Presiden Jokowi

YOGYAKARTA (tandaseru) – Presiden Joko Widodo mengingatkan agar penangangan banjir di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta dan sekitarnya, agar mengutamakan keselamatan warga.

“Saya memerintahkan semua jajaran terkait, untuk bergerak bersama-sama menyelamatkan warga, dan memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata Jokowi kepada wartawan seusai menerima Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Gedung Agung, Yogyakarta, Rabu (1/1/2020) siang.

Dia mengatakan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), pemerintah provinsi, Basarnas, harus segera bergerak bersama-sama untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan kepada warga yang terkena bencana banjir.

Presiden juga memerintahkan jajarannya untuk segera menormalisasi fasilitas umum, seperti Bandara Halim Perdanakusuma, jalan tol Cikampek, serta beberapa objek vital lainnya.

Kemudian yang paling penting, lanjut Jokowi, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi harus bekerja bersama-sama dalam menanggulangi, terutama yang berkaitan dengan banjir.

“Karena pemerintah pusat memang baru dalam proses dan belum selesai, misalnya Waduk Cimahi (dan) Waduk Ciawi mungkin baru tahun depan selesai tetapi di luar itu semuanya harus dikerjakan. Saya tadi sudah memerintahkan Menteri PUPR untuk cek lapangan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden mengimbau kepada warga untuk berhati-hati dalam menghadapi datangnya musim hujan yang berpotensi banjir di sejumlah daerah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait