FOKUS

Jakarta Hujan Deras, Polda Metro Jaya Siaga Banjir di Jaktim dan Jakut

JAKARTA (tandaseru) – Hujan yang diprediksi akan terus mengguyur Ibukota hingga Sabtu (25/1), Polda Metro Jaya siaga banjir di DKI Jakarta. Saat ini, personel polisi telah ditempatkan dibeberapa titik yang rawan banjir.

“Ada beberapa titik termasuk di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, Tim SAR sudah di sana juga, baik dari polair, dan samapta dan Brimob, sudah stand by di beberapa tempat,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (24/1).

Yusri mengatakan daerah Jakarta Utara dikhususkan lantaran adanya peringatan dini oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada pasang laut selama dua hari. Pemfokusan daerah di Jakarta Utara diutamanan pemukiman dekat pantai.

Sedangkan Jakarta Timur dikhususkan lantaran memang daerah langganan banjir. Namun, hingga saat ini polisi masih menyatakan kedua daerah itu masih bisa ditangani.

“Tapi memang ketinggian kan belum terasa, hari ini ada perkiraan BMKG adalah dua hari ini pasang, makannya kita siapkan Tim terutama di 4 di daerah pantai,” ujar Yusri.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis data terbaru prediksi cuaca untuk dua hari ke depan, terhitung sejak hari ini, Jumat (24/1) hingga Minggu (26/1).

Dalam data terbaru tersebut, 5 provinsi di Indonesia akan menghadapi status siaga banjir atau genangan pada 24 dan 25 Januari 2020.

“Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, status potensi banjir atau genangan pada 24-25 Januari 2020 perlu diwaspadai di DKI Jakarta dan Jawa Barat,” tulis keterangan resmi yang disampaikan Taufan, Humas BMKG kepada awak media, Jumat pagi.

“Selain itu, status siaga pada 24-25 Januari 2020 juga berlaku untuk provinsi Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat,” imbuh dia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait