FOKUS

Jalani WFH? Aplikasi Zoom Jadi Andalan Meeting Online

JAKARTA (tandaseru) – Di tengah pandemi Covid-19 yang kian masif di Tanah Air, kebijakan work from home (WFH) pun ramai dijalankan sejak Senin (16/3) lalu. Hal tersebut membuat popularitas aplikasi Zoom kian meroket.

Aplikasi Zoom merupakan aplikasi video conferencing yang banyak digunakan sebagai sarana komunikasi dari rumah dengan beragam keperluan, seperti meeting, pembelajaran siswa sekolah, kuliah online, atau sekedar melepas rindu dengan teman.

Menurut App Annie, Zoom sempat berhasil menduduki posisi teratas sebagai aplikasi gratis terpopuler di App Store.

Sementara melansir dari CNBC, Selasa (24/3), aplikasi video conferencing Zoom diklaim andal dan jarang down.

Kecanggihan aplikasi Zoom

Aplikasi ini juga dapat menghasilkan latency yang rendah, sehingga tidak mudah terganggu dengan jeda pembicaraan, serta mampu mempertahankan kualitas video dan audio meski koneksi internet dalam keadaan tidak stabil.

Zoom dapat diunduh dengan gratis, namun durasi video conferencing-nya masih dibatasi hanya 40 menit, dan mampu menampung member maksimal 100 orang dalam satu sesi.

Kecanggihan fitur aplikasi Zoom, nyatanya juga ditiru oleh Microsoft dalam layanan Tearms besutannya yang hadir pekan lalu.

Berbeda dari aplikasi lain milik Apple,  seperti FaceTime, aplikasi Zoom pun sudah tersedia di Android dan PC.

Pengguna bisa saling berkomunikasi dalam ruang obrolan yang sama meskipun menggunakan perangkat berbeda.

Cara gunkan aplikasi zoom di iOS dan Android

  • Pertama Anda harus Download aplikasi Zoom” di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau Apps Store untuk pengguna iPhone.
  • Kemudian “Sign Up”  menggunakan e-mail atau profil Facebook.
  • Selanjutnya, Anda masuk ke “Setting atau Pengaturan”, lalu temukan “Personal Meeting ID” yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  • “Copy Meeting ID” dan kirim teman yang akan diundang ke video conference. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste” di browser.
  • Jika Anda adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, Anda tidak perlu memiliki akun, cukup “Copy-Paste link” atau “Meeting ID” untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  • Jika link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  • Partisipan juga bisa “Copy-Paste Meeting ID” milik host untuk bergabung ke conference, kemudian klik “Join a Meeting”.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait