FOKUS

Jangan Malu! 5 Manfaat Menangis yang Baik Untuk Kesehatan

JAKARTA (tandaseru) – Ada banyak alasan yang membuat seseorang menangis. Menangis tidak hanya bentuk ungkapan perasaan sedih, terharu, dan bahagia.

Seringkali orang menilai tangisan merupakan bentuk kelemahan seseorang. Namun, dengan menangis ternyata bisa ikut membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan fisik dan psikologis.

Tak perlu merasa lemah hanya karena seseorang menangis, padahal dengan menangis justru memberikan manfaatnya. Berikut ini manfaat menangis yang perlu Anda ketahui!

Manfaat menangis memberikan kelegaan

Menghabiskan banyak waktu untuk menangis, biasanya akan membuat Anda menjadi lebih lega dan tenang.

Perasaan yang sebelumnya tidak karuan, menjadi lebih baik dan beban yang dirasakan selama ini bisa sedikit berkurang.

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius, seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, demensia, dan gagal ginjal.

Namun menurut beberapa penelitian, menangis bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mengontrolnya.

Mengeluarkan emosi yang terpendam

Dengan menangis, Anda bisa mengeluarkan segala emosi yang terpendam di hati, seperti marah, kesal, kecewa, sedih dan rasa emosional lainnya bisa Anda salurkan melalui tangisan. Jangan pernah menahan air matamu, itu hanya akan membuatmu sesak.

Akumulasi racun

Ketika menangis, air mata juga akan membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh kita karena stres. Penghapusan racun ini membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh.

Oleh karenanya, menangis bisa menghasilkan suasana hati yang lebih ringan. Jadi, tidak heran jika kita sering merasakan beban hilang setelah menangis.

Membuat mood menjadi lebih baik

Jika Anda merasa mood hancur sepanjang hari karena sesuatu, cobalah untuk menangis, jangan menahan air matamu.

Setelah menangis, Anda akan merasa suasana hati Anda menjadi lebih baik, rileks, dan terkontrol.

Nah, itulah dia 5 manfaat menangis yang harus Anda ketahui. Jangan pernah menahan tangisanmu ya. Menangis justru bisa membuatmu merasa lebih baik setelahnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait