FOKUS

4 Jenis Hewan Kamuflase Mirip Daun, Bisa Tebak Ada Dimana?

JAKARTA (tandaseru) – Hewan yang ahli dalam penyamaran memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa. Hal ini bisa dilakukan oleh beberapa jenis hewan kamuflase yang hidup di alam liar.

Penyamaran yang dilakukan oleh hewan-hewan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan agar bisa bertahan hidup di alam liar. Baik untuk menghindari dari serangan predator ataupun untuk berburu mangsa.

Hanya saja, sejumlah hewan kamuflase seperti jenis daun cenderunng spesies yang lemah di hadapan predator. Seperti beberapa hewan kamuflase mirip daun berikut ini.

Jenis Hewan Kamuflase Mirip Daun, Bisa Tebak Ada Dimana?

Serangga Daun Raksasa (Phyllium giganteum)

jonathansjungleroadshow.co.uk

Serangga daun raksasa dengan nama ilmiah Phyllium giganteum merupakan salah satu spesies hewan unik yang memiliki tubuh layaknya daun.

Spesies betina pada hewan ini mayoritas tersebar di Asia Tenggara dan Australia. Uniknya, hewan ini hampir tidak ada perbedaan dengan daun, sehingga serangga daun raksasa ini termasuk spesies hewan terunik di dunia.

Tokek Ekor Daun (Uroplatus phantasticus)

media.wired.com

Tokek ekor daun merupakan salah satu hewan endemik Madagaskar yang disebut paling mirip setan.

Bagaimana tidak, bentuk tubuh fauna yang satu ini tampak sinis, punya tanduk kecil dan mata merah, sehingga terlihat mengerikan.

Pada siang hari tokek ekor daun hanya berdiam diri di tengah dedaunan untuk menyamarkan keberadaannya dari predator. Sedangkan pada malam hari hewan ini akan aktif mencari makan.

Bahkan para ilmuwan menyatakan bahwa tokek daun merupakan satu-satunya reptil yang memiliki pola sempurna menyerupai daun.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com