FOKUS

Corona Masih Melanda Dunia, Kenali 6 Jenis Masker Ini Beserta Fungsinya

JAKARTA (tandaseru) – Di tengah wabah virus corona, masker adalah salah satu benda yang paling dicari. Benda yang berfungsi sebagai penutup hidung ini dipercaya dapat melindungi diri dari virus. Di dunia ini ada jenis-jenis masker yang perlu Anda tahu.

Setiap masker memiliki jangka waktu pakai dan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang hanya bisa digunakan satu kali dan ada yang bisa digunakan berulang-ulang.

Oleh sebab itu, kenali aneka jenis masker dan fungsinya agar tidak salah dalam penggunaannya.

Jenis-jenis masker penghalau virus di dunia

Masker P95

Berbeda dengan masker tipe N, masker P95 memiliki fungsi menyaring partikel yang didalamnya terkandung minyak yang dilepaskan seperti solar, bensin, minyak tanah, dan cat.

Masker ini biasanya digunakan oleh orang yang berada di wilayah berminyak, seperti para pekerja kilang minyak, karyawan pabrik farmasi, karyawan pom bensin, dan tempat lain yang memproses minyak.

Masa pakai masker ini cukup panjang, yakni sekitar 40 jam selama jangka waktu 30 hari.

Masker N95

Masker N95 bisa melindungi pemakainya dari polusi debu dan kotoran yang berbahaya, tapi tidak bisa menyaring gas atau pun uap.

Jika dikenakan dengan benar, maka untuk efektifitas penyaringan sekitar 95%. Namun, masker jenis ini hanya mampu memfilter partikel dan patogen berukuran sekitar 0,3 mikron saja.

Untuk batas masa pemakaiannya yakni sekitar 8 jam. Jika lebih dari itu, maka masker tidak akan berfungsi dengan baik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait