FOKUS

Jokowi Bakal Bubarkan 18 Lembaga dalam Waktu Dekat

JAKARTA (Tandaseru) – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menegaskan bakal membubarkan sedikitnya 18 lembaga atau komisi dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat ini ada 18,” katanya kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak merinci lembaga atau komisi mana saja yang akan dihapus. Jokowi mengatakan, perampingan dilakukan agar membuat kinerja birokrasi pemerintah jadi lebih baik.

“Kalau bisa kembalikan ke menteri kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pake badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi,” ungkapnya.

Perampingan oleh pemerintah terhadap 96 lembaga negara disebut-sebut sebagai upaya efektivitas kinerja lembaga yang produktif.

Kabar tersebut sudah direspons Ketua MPR, Bambang Soesatyo yang meminta pemerintah melakukan kajian mendalam sebelum lembaga yang ada tersebut dibubarkan.

Bamsoet juga mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terlebih dahulu mengevaluasi lembaga-lembaga maupun komisi yang urgensinya belum maksimal.

“Sehingga Kemenpan-RB memiliki parameter untuk menentukan lembaga yang dapat dibubarkan, di merger maupun yang tetap dilanjutkan,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait