FOKUS

Jokowi Ingatkan Intervensi Lokal Ketimbang Menutup Kota Hadapi Corona

JAKARTA (Tandaseru) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala daerah tak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan menutup wilayah dalam mengendalikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Presiden menekankan pengendalian Covid-19 dilakukan dengan strategi intervensi berbasis lokal.

“Jangan buru-buru menutup wilayah, menutup sebuah kota, sebuah kabupaten,” ujar Jokowi, Senin (14/9).

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas soal ‘Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional’ yang disiarkan daring melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/9).

Jokowi mengatakan penerapan strategi intervensi berbasis lokal ini dilakukan secara berjenjang hanya di wilayah yang termasuk zona merah mulai dari tingkat RT, RW, desa. Jokowi menyebut cara tersebut diyakini lebih efektif karena tak seluruh wilayah di suatu daerah termasuk zona merah.

“Bisa lebih fokus karena dalam sebuah provinsi misalnya ada 20 kabupaten/kota tidak semua berada di posisi merah semua, sehingga penanganannya tentu saja jangan digeneralisir,” katanya.

Menurutnya, dalam satu daerah ada wilayah yang termasuk zona kuning atau hijau yang berarti risiko rendah penularan Covid-19. Dia meminta agar kepala daerah selalu melihat data sebaran sebelum menerapkan kebijakan pembatasan wilayah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait