FOKUS

Jokowi: Januari 2020, Pelaksanaan Mandatori Biodiesel Diharapkan ke B30

Tandaseru – Presiden Joko Widodo berharap pada Januari 2020 nanti pelaksanaan mandatori biodiesel sudah bisa berpindah dari B20 (Biodiesel 20) menjadi B30.

Harapan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Mandatori Biodiesel, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (12/8).

“Kita pengen lebih cepat, dan mulai dari B20 ini pengen mengurangi ketergantungan pada energi fosil, dan juga yang paling penting mengurangi impor minyak kita,” kata Jokowi.

Kalkulasinya kata dia jika konsisten menerapkan B20 ini, bisa menghemat kurang lebih US$5,5 miliar per tahun dan yang tidak kalah pentingnya penerapan B20 akan menciptakan permintaan domestik CPO yang sangat besar.

Menurut Jokowi, tekanan terhadap kelapa sawit Indonesia betul-betul perlu diantisipasi dari dalam negeri sehingga benar-benar memiliki sebuah bargaining position yang baik, baik terhadap Uni Eropa maupun negara-negara lain yang mencoba untuk membuat bargaining position kita lemah.

Terkait kabar bahwa CPO ini juga bisa dibuat avtur, Jokowi minta agar hal ini ditekuni lagi lebih dalam, sehingga kalau bisa mengurangi impor avtur sehingga defisit neraca perdagangan, defisit neraca transaksi berjalan kita akan semakin baik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait