FOKUS

Jokowi Perintahkan TNI Evakuasi WNI di Wuhan

JAKARTA (tandaseru) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengirimkan personel untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Opsi proses evakuasi rencananya menggunakan 3 pesawat Hercules milik TNI atau menggunakan pesawat sipil yang membutuhkan lebih dari satu kali pemberangkatan.

Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman mengatakan perintah tersebut disampaikan oleh Jokowi setelah rapat terbatas (ratas) tadi malam.

Selain itu, KBRI telah menyampaikan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi selalu berkoordinasi dengan WNI di Hubei terutama yang berada di Kota Wuhan.

“Meski masih di-lockdown, TNI siap dikerahkan untuk menjemput tapi belum ada keputusan apakah akan menggunakan pesawat TNI atau sipil,” ujar Fadjroel di ruang Pers Istana Jakarta, Jumat (31/1).

Selain itu, Jokowi menginstruksikan kepada 20 kementerian terkait untuk persiapan menerima WNI di Tanah Air. Misalnya, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan sejumlah rumah sakit yang dilibatkan guna mengurangi risiko penyebaran virus korona.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait