FOKUS

Jokowi Resmikan Pabrik Esemka di Boyolali

Tandaseru – Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Presiden bersama para menteri kabinet kerja  hadir di lokasi Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sekitar pukul 10.30 WIB.

Para menteri yang ikut mendampingi itu, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Presdir PT Esemka Eddy Wirajaya dan lainnya.

Peresmian pabrik Esemka itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi. Jokowi juga menyampaikan bahwa mobil Esemka adalah merek Indonesia.

“Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua,” kata Jokowi.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Eddy Wirajaya mengatakan pabrik Esemka dimiliki oleh perusahaan swasta nasional.

“Pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta. Lebih tepatnya merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri,” ujarnya.

Pabrik Esemka yang terletak di Boyolali ini memiliki luas 12.500 ribu meter persegi yang dibangun diatas lahan 115 ribu meter persegi. Dalam pabrik ini terdapat proses produksi, seperti perakitan kendaraan, pengecatan, sampai pengetesan.

Kapasitas produksi pabrik bisa dibilang mencapai 18 ribu unit per tahun, itu berarti 1.500 unit per bulan atau sekitar 50 unit per hari.

Selain peresmian pabrik, acara tersebut juga turut meluncurkan dua varian mobil pikap Esemka yang akan diproduksi massal, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp110 juta.

Dalam pasar otomotif nasional Bima bakal bersaing dengan produk Jepang, yaitu Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.

Eddy Wirajaya berharap dengan diresmikannya pabrik dan fasilitas ini, Esemka bisa merintis kemajuan industri otomotif buatan Indonesia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait