FOKUS

Jokowi Resmikan Pabrik Esemka, Fadli Zon: Dipakai untuk Mobil Dinas, Dong

Tandaseru – Wakil Ketua DPR Fadli Zon merespons kegiatan Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jumat (6/9). Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu bahkan mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengganti mobil dinasnya dengan Esemka.

Apalagi, Fadli menyoroti insiden mogoknya mobil dinas Jokowi, Mercedes-Benz S600 Guard saat kunjungan kerja ke Kalimantan beberapa waktu lalu.

“Kalau begitu ganti pakai mobil Esemka dong, itu juga akan menjadi semangat untuk para produsen dalam negeri,” kata Fadli Zon kepada wartawan di DPR, Jumat (6/9).

Menurut Fadli Zon, pengadaan mobil dinas dengan Esemka juga akan lebih menghemat anggaran. Pengadaan mobil dinas saat ini diketahui mencapai Rp147 miliar dari APBN.

“Jadi lebih baik pakai Esemka saja, tidak perlu tender,” tutur Wakil Ketua Umum Partai Gerindar itu, ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Khusus terkait Esemka itu, Fadli Zon meminta pemerintah terbuka mengenai komponen-komponen di dalamnya. Ia meragukan produk mobil Esemka itu menggunakan 100 persen komponen dari dalam negeri.

“Saya dengar banyak komponennya bukan dari dalam negeri dan harus terbuka soal itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Presiden bersama para menteri kabinet kerja hadir di lokasi Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sekitar pukul 10.30 WIB.

Para menteri yang ikut mendampingi itu, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Presdir PT Esemka Eddy Wirajaya dan lainnya.

Peresmian pabrik Esemka itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi. Jokowi juga menyampaikan bahwa mobil Esemka adalah merek Indonesia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait