FOKUS

Jokowi soal Korupsi Dana Penanganan Covid-19: Ada Niat, Silahkan Gigit Saja

JAKARTA (tandaseru) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada aparat penegak hukum untuk bertindak tegas atau ‘menggigit’ para oknum yang menyalahgunakan anggaran atau korupsi dana penanganan Covid-19.

Hal ini dikatakan saat Jokowi memimpin upacara HUT Bhayangkara ke-74 yang digelar secara online yang dipusatkan di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (1/7).

“Kalau ada potensi masalah segera ingatkan. Tapi kalau sudah ada niat buruk korupsi ada mens reanya ya harus ditindak, silahkan digigit saja,” kata Jokowi, Rabu (1/7).

Dia meminta Polri, KPK, dan Kejaksaan untuk terus bersinergi untuk memberantas para oknum tersebut. Disebutnya, tidak boleh siapapun memainkan anggaran penanganan Covid yang cukup besar tersebut.

“Tolong pelaksanaan program penanganan covid-19 ini dibantu percepatannya dan diawasi penggunaan anggarannya. Alokasi anggarannya cukup besar yaitu 695,2 T dan bahkan bisa lebih besar lagi jika diperlukan,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga meminta kepada penegak hukum untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum adanya masalah.

“Aspek pencegahan harus lebih dikedepankan jgn menunggu sampai terjadi masalah. Kl ada potensi masalah segera ingatkan,” ungkapnya.

Dalam tahun ini, Polri merayakan hari jadinya dengan mengambil tema “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif” ini juga dilakukan serangkaian kegiatan.

Sejulmlah kegiatan itu diantara lain adalah bakti sosial, donor darah, ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) dan lain-lain.

Selain itu, Korlantas Polri juga membebaskan biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi masyarakat yang berulang tahun pada 1 Juli 2020 atau bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait