FOKUS

Jual Petasan, Wanita Paruh Baya Ditangkap di Jakpus

JAKARTA (tandaseru) – Polisi mengamankan seorang wanita paruh baya di kawasan Jalan Tambak, Pegangsaan, Jakarta Pusat bernama Devina (56) lantran menjual petasan yang tidak sesuai aturan pada Minggu (29/12) malam.

Kapolsek Metro Menteng AKBP Guntur Muhammad Thariq mengatakan, dalam penangkapan ini penyidik menyita sejumlah barang bukti sejumlah petasan dan kembang api.

“Kami amankan pelaku berikut sejumlah barang buktinya. Ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam perayaan malam tahun baru,” kata Guntur di Jakarta, Senin (30/12).

Guntur menyebut berdasarkan keterangan pelaku, dia baru menjual sejumlah petasan ini untuk yang pertama kalinya. Guntur menjelaskan operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi digunakan untuk aksi tawuran.

“Keterangannya sih jualan petasannya baru  kemarin, sehari jualan langsung dibawa ke polsek. Ini kami masih lakukan penyelidikan karena operasi petasan ini untuk keamanan antisipasi terjadinya tawuran,” jelas Guntur.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Metro Menteng Kompol Gozali Luhulima mengatakan, Devina mengaku berjualan petasan karena untuk menghidupi keluarganya.

“Iya katanya ibunya sakit. Makanya jualan petasan buat pengobatan juga,” terang Gozali.

Seperti diketahui, Masyarakat memang dilarang menyalakan petasan saat malam Tahun Baru 2020. Pelarangan ini sudah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian, dan Pengamanan Bahan Peledak Komersial.

“Kembang api yang besar enggak boleh. Petasan kan ada UU-nya juga, kalau melanggar aturan enggak boleh,” kata Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono beberapa waktu lalu.

Berdasarkan Pasal 10 Ayat (5) Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2008, ada dua jenis bunga api yang digunakan masyarakat, yakni bunga api mainan berukuran kurang dari dua inci (tidak menggunakan izin pembelian dan penggunaan), dan bunga api untuk pertunjukan berukuran dari dua inci sampai dengan delapan inci.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait