FOKUS

Kabaharkam Polri Ajak Perusahaan Berdayakan Masyarakat Pesisir Lewat Program Kesejahteraan Rakyat

JAKARTA (tandaseru) – Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto ajak perusahaan, baik milik negara maupun swasta berinvestasi di daerah pesisir dengan menjalankan program positif yang mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan dan memberdayakan masyarakat setempat.

Menurut Kabaharkam Polri, program yang baik untuk kesejahteraan masyarakat antara lain penangkaran ikan, keramba, peternakan, perikanan darat, atau membuat tangkahan.

Dia menjelaskan, sebelum dilakukan kerja sama, baiknya perusahaan memberikan pelatihan maupun edukasi peningkatan SDM sehingga masyarakat paham dan mengerti. Untuk anggarannya, bisa menggunakan dana CSR.

“Kerja samanya tetap memperhatikan aspek lingkungan dan kelestarian alam. Kalau ini dilakukan, maka stigma negatif, maaf, ‘miskin’ terhadap nelayan akan hilang,” kata Komjen Pol Agus Andrianto, Jumat (24/1).

Program pemberdayaan kelompok masyarakat pesisir, lanjutnya, sejalan dengan program pemerintah yang menginginkan kesejahteraan rakyat meningkat.

Baharkam Polri sangat serius dalam upaya mengembangkan ekonomi kerakyatan ini, karena akan mempermudah tugas Polri dalam menjaga keamanan dalam negeri.

“Kalau masyarakat sejahtera, maka kamtibmas akan kondusif, dan kriminal menurun,” terang Komjen Pol Agus Andrianto.

Kabaharkam Polri mengungkapkan, pada awal Februari 2020 nanti, Baharkam Polri akan melakukan penanaman mangrove massal dan penyemaian ikan nila merah serentak se-Indonesia, yang akan dipimpin Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Aziz MSi.

Dia berharap, mangrove tersebut dapat menjadi salah satu penghasilan bagi masyarakat. “Kan di akar-akar mangrove akan hidup beberapa jenis ikan, kepiting, dan udang. Yang penting konsisten untuk merawatnya,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait