FOKUS

Kabareskrim Polri: Tidak Perlu Panik, Stok Bahan Pangan Cukup Hingga Lebaran Idul Fitri 2020

JAKARTA (tandaseru) – Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan ketersediaan bahan pangan sudah cukup hingga lebaran Idul Fitri 2020.

Hal ini dikatakan setelah dirinya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Food Station Tjipinang Jaya, Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur pada Rabu (18/3).

“Tadi kita cek di gudang, di pendistribusian, ketersediaan stok beras dari hasil peninjauan kesimpulan dari rekan yang ada, stok beras sampai lebaran sangat cukup,” kata Listyo di Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (18/3).

Untuk itu, Listyo meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan pangan. Dia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak termakan isu-isu hoaks terkait dengan bahan pangan yang menipis akibat merebaknya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

“Apalagi sebentar lagi akan mengadakan panen raya. Sehingga tentunya disamping stok yang ada, dari Bulog, nanti kita akan melaksanakan panen raya maka alhamdulillah beras akan sangat cukup,” ungkapnya.

Selain itu, meski sampai saat ini kebutuhan pangan cukup, namun Polri akan tetap mengawal ketersediaan dan pendistribusian bahan pangan. Listyo mengungkapkan pihaknya akan menindak para mafia penimbun bahan pangan.

“Kalau stok cukup dan di lapangan terjadi kelangkaan tentunya kita akan berikan sanksi. Saya tidak mau lagi ketemu ada yang numpuk itu, kita akan proses,” tegasnya.

Sebelumnya, inspeksi mendadak (sidak) ini dilakukan untuk mengecek kebutuhan bahan pangang di Indonesia. Sidak ini dilakukan di pabrik PT Food Station Tjipinang Jaya di Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

Sidak ini dilakukan pada Rabu (18/3) untuk memastikan ketersediaan bahan pangan seperti beras, minyak goreng, dan gula cukup untuk didistribusikan ke masyarakat.

“Kegiatan ini untuk memastikan beberapa hari banyak sekali beredar hoaks yang menyampaikan ada beberapa pasar pertokoaan toko di DKI tutup. Tapi setelah kami pastikan, semua menyatakan sampai hari ini buka seperti biasa,” kata Listyo di Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (18/3).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait