FOKUS

Kapal Perang AS Meledak di San Diego, 21 Orang Luka-Luka

JAKARTA (tandaseru) – Kapal perang USS Bonhomme Richard milik Amerika Serikat (AS) meledak dan terbakar di Pangkalan Angkatan Laut San Diego, AS pada Minggu (12/7).

Evakuasi besar-besaran dilakukan terhadap isi kapal perang ini, dengan sedikitnya 21 orang mengalami luka-luka.

“Tujuh belas Pelaut dan empat warga sipil sedang dirawat karena cedera yang tidak mengancam jiwa di rumah sakit setempat,” kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Dalam insiden tersebut, Letnan Commander Patricia Kreuzberger mengatakan para pelaut di USS Bonhomme Richard mengalami luka ringan akibat kebakaran dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Dilansir dari Associated Press (AP) pada Senin (13/7), penyebab kecelakaan masih diselidiki. Mike Raney juru bicara Angkatan Laut Armada Pasifik AS mengatakan, api mulai berkobar sebelum pukul 9 pagi.

Hingga kini belum jelas apa yang menjadi penyebab kebakaran di kapal amfibi sepanjang 255 meter itu, namun seorang pejabat pertahanan menyebut laporan awal menunjukkan kebakaran dimulai di dek sumur (the well deck).

Dek sumur merupakan tempat keluar-masuknya kapal pendarat kecil dari perut kapal. Sekadar informasi, menurut Angkatan Laut AS, USS Bonhomme Richard adalah kapal serbu ambifi.

Kapal berusia 23 tahun ini bisa digunakan untuk meluncurkan dan mendaratkan helikopter, kapal kecil, dan kendaraan-kendaraan amfibi.

Sementara itu, San Diego adalah pelabuhan bagi USS Bonhomme Richard, dan saat kebakaran terjadi kapal itu sedang menjalani perawatan rutin.

Ketika kebakaran terjadi, ada 160 orang di dalamnya dan saat ini kapal yang memiliki seribu awak itu tengah menjalani perawatan.

Sementara itu, para pihak berwenang menuturkan, dua kapal lainnya yang juga sedang barlabuh yakni USS Fitzgerald dan USS Russell, dipindahkan ke dermaga yang jauh dari lokasi kebakaran.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait