FOKUS

Kapolda dan Gubernur Sumbar Ikuti Penanaman Mangrove Serentak

PADANG (tandaseru) – Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, MH dan Gubernur Sumbar Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc, dalam rangka memperingati Hari Mangrove Internasional menghadiri penanaman secara serentak di Teluk Kabung Selatan, Kota Padang, Senin (3/8).

Turut hadir Forkopimda Sumbar, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi, Pejabat Pemerintah Provinsi Sumbar, Dirpolair Polda Sumbar Kombes Pol M Sahat SIK, dan personel Polda Sumbar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang paling produktif bagi kehidupan, seperti terumbu karang yang menjadi daerah perlindungan dan perkembangan bagi biota laut yang sangat beragam, seperti ikan, kepiting, udang dan lainnya.

istimewa

“Kelestarian ini yang harus kita jaga, jangan sampai punah. Ini adalah salah satu warisan yang paling berharga dan sangat luar biasa manfaatnya bagi kita semua,” kata gubernur Sumbar.

Irwan mengungkapkan ekosistim mangrove ini sangat penting antaranya sebagai pelindung gelombang air pantai yang mengakibatkan erosi dan abrasi air laut, apalagi Sumbar terkenal daerah bencana gempa dan tsunami.

“Perlu kita disadari, bahwa kebiasaan dalam keseharian warga yang turut menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove, antara lain konversi lahan menjadi area penggunaan lain, ini yang perlu kita cegah,” Ungkap Irwan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait