FOKUS

Kapolda Sulut Pimpin Kirab Laut Pataka Maesa’an Waya

MANADO (tandaseru) – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Royke Lumowa memimpin kegiatan Kirab Laut Pataka Polda Sulut Maesa’an Waya. Faktor keamanan dan keselamatan diutamakan dalam kegiatan yang terbilang cukup ekstrim ini.

Kirab laut ini dilaksanakan dengan berenang sejauh 5 km, di sekitar Teluk Manado, dimulai dari Jendela Indonesia, Jalan Piere Tendean Manado, menuju arah Pulau Manado Tua, Kamis (16/07) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata bersama para pejabat utama, dan personel polisi laki-laki maupun polisi wanita, seluruhnya berjumlah sekitar 60 orang.

Selain dilakukan latihan renang secara rutin sejak beberapa waktu sebelumnya, dalam pelaksanaan dikawal ketat oleh Dit Polairud Polda Sulut dengan menurunkan kapal rescue dan perahu karet, termasuk Biddokkes Polda Sulut yang menyiagakan para tenaga medis.

Dikatakan Kapolda, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan Pataka Polda Sulut yang baru yang merupakan representasi dari Sulawesi Utara.

“Pohon kelapa menunjukkan kesejahteraan dan kemakmuran dan lautan berombak yang besar menunjukkan kekuatan dan ketangguhan,” ucapnya.

Selain itu, tujuan lain kegiatan ini untuk menjaga kebugaran fisik maupun psikis, apalagi katanya Sulawesi Utara sebagian besar dikelilingi oleh laut. “Kita harus menjaga laut dari kebinasaannya, kita harus menjaga kelestariannya,” kata Kapolda.

Tak kalah penting lagi katanya adalah tetap terjaga kekompakan internal. “Soliditas internal kita harus dijaga, karena kita adalah polisi, menjaga, melayani masyarakat. Kita juga harus kuat, tangguh, kita juga harus solid menjalin komunikasi internal yang baik,” tandas Jenderal Bintang Dua ini.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait