FOKUS

Kapolres Tolikara Jadi Pemateri pada Pelatihan Petani dan Pelaku Agribisnis

JAYAPURA (tandaseru) – Kapolres AKBP DR. Y. Takamully menjadi pemateri pada kegiatan Pelatihan Petani dan Pelaku Agribisnis yang di selenggarakan oleh dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tolikara diikuti 120 Peserta oleh masing – masing perwakilan distrik di Kabupaten Tolikara, di Aula Gidi Rabu (30/9).

Pada Pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Tolikara Anton Warkawani SE, Kasat Binmas Iptu Widada, Kadin Pertanian dan Perikanan Ir. P.Latuconsina, Pabung Kodim 1702/ Jwy Mayor Inf.C.H Saroy, Sekretaris Kesbang Pol Wemban Kogoya, Danpos Kopassus Letda Tedi Narasumber Samuel Elkanan serta para peserta pelatihan.

Sekda Kabupaten Tolikara mengatakan, pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan salah satu komoditi untuk meningkatkan pendapatan kesejahteraan Petani diantaranya seperti, ternak babi, sayuran organik dan ubi jalar. Pembangunan Pertanian merupakan salah satu penentu keberhasilan pembangunan di Tolikara.

“Hal ini tentunya dapat dijadikan sebagai Motivasi kedepan guna mencapai keberhasilan di bidang pertanian.” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Tolikara menjelaskan bahwa secara garis besar menyatakan suatu kegiatan yang terprogram bagi Pertanian dan Peternakan harus ada pembinaan, serta para petani harus memiliki fasilitas seperti lahan cangkul, parang dan bibit.

“Kami dari pihak Kepolisian juga memiliki pembinaan terhadap Petani dengan nama “Polisi Sahabat Petani” untuk mendampingi serta memberikan penyuluhan.” ujarnya.

Selain itu, ada beberapa kampung tangguh yang telah berhasil dibina oleh Polres Tolikara hingga bisa memberikan hasil kebunnya sebagai tanda keberhasilan dalam program Polisi Sahabat Petani”.

“Tentunya masyarakat harus memiliki keinginan dan kemauan untuk memanfaatkan lahan pertanian sebagai komoditi di sektor Pertanian, yang mana tanah di daerah kita sangat subur.” ujarnya.

Kepolisian akan terus merangkul masyarakat khususnya dibidang pertanian dan Peternakan guna membangkitkan ekonomi daerah melalui program kampung Tangguh yang saat ini digaungkan oleh Polda Papua.

“Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang saat ini sedang kita hadapi, kami terus menghimbau kepada para warga di Kabupaten tolikara untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan menerapkan 3M+1T yakni, Menggunakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dan Tidak berkerumun.” pesan Kapolres.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait