FOKUS

Kapolresta Malang Kota: Patuhi Protokol Kesehatan dan Lengkapi Sistem Keamanan Kampung Tangguh

MALANG (tandaseru) – Keberadaan Kampung Tangguh di Kota Malang, merupakan suatu keberhasilan tersendiri dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19. Bahkan Kampung Tangguh yang dinisiasi oleh Satgas Covid-19 Universitas Brawijaya, Relawan Malang Bersatu Lawan Corona bersama Kapolresta Malang Kota dan Dandim 0833 Kota Malang itu menjadu role model bagi kampung tangguh lainnya di Jawa Timur.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, saat melakukan monitoring bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson di Kampung Tangguh wilayah RW 5, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, menyampaikan agar di masa transisi new normal, warga tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19, Sabtu (6/6).

“Saat ini, Kota Malang masih dalam masa transisi. Mohon semua warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, wabah Covid 19 belum usai,” terangnya.

Selain itu, Kombes Pol Leonardus juga berharap 71 kampung tangguh yang telah terinstall di seluruh Kota Malang terus diperkuat. Bukan hanya pada sektor lumbung pangan saja, namun juga meningkatkan sistem keamanan. Tidak sedikit dari kampung tangguh yang sudah ter-install juga melengkapi dengan sistem keamanan, yakni kamera pengintai. Dengan begitu wilayah tersebut sudah mengoptimalkan keamanan untuk mengantisipasi potensi kejadian kriminalitas.

 

“Ada beberapa kampung yang juga dilengkapi dengan kamera pengintai. Seperti di Jalan Selorejo, Tlogomas dan juga Polehan. Potensi keamanannya cukup bagus. Ini untuk memperkuat Kampung Tangguh yang juga menguatkan lumbung pangan dan juga penguatan informasi,” ungkapnya.

Pada kunjungan di Kampung Tangguh Semeru itu, Kapolresta mengapresiasi program memperkuat teknologi informasi pendidikan dan pemberdayaan pada anak-anak, dengan memberikan pembelajaran terhadap anak usia dini melalui sistem online.

“Kesadaran masyarakat juga semakin bagus. Mereka aktif berinovasi sehingga semakin memperkuat potensi yang ada. Ada satu hal yang menarik disini yang tidak saya jumpai dikampung tangguh lainnya, yaitu program pemberdayaan dan pendidikan terhadap anak-anak. Seperti lomba menggambar online tadi” ungkapnya.

Selain memberikan imbauan protokol kesehatan, monitoring dan bertatap muka dengan warga setempat, Kapolresta Malang Kota bersama Dandim 0833 Kota Malang juga menyerahkan bantuan sembako berupa 50 Kg beras, 3 boks mie instan, 50 buah masker dan 10 botol hand sanitizer.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polresta Malang Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni menerangkan kunjungan ini merupakan program dari Kapolresta Malang Kota bersama Dandim 0833 Kota Malang untuk monitoring serta melihat langsung perkembangan kampung tangguh yang dikelola oleh masyarakat.

“Monitoring dua Kampung Tangguh dalam sehari, adalah bentuk keseriusan dari Kapolresta untuk terus monitoring perkembangan dan semakin memperkuat keberadaan 71 Kampung Tangguh yang tersebar di Kota Malang. Saat datang, kami juga menjalani protokol kesehatan yang ditentukan, seperti tamu yang lain,” tuturnya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait