FOKUS

Kapolri Rotasi 8 Jabatan Kapolda, Ini Daftarnya

JAKARTA (tandaseru) – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis merotasi sejumlah anggota Polri. Dari keseluruhan anggota yang dimutasi, terdapat delapan Kapolda yang diganti.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2247/VII/KEP./2020 dan surat telegram yang lain, bernomor ST/2248/VII/KEP./2020, tertanggal 3 Agustus 2020 yang ditandatangani atas nama Kapolri, oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

“(Mutasi dalam rangka) Penyegaran organisasi,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (4/8).

Kedelapan Kapolda yang diganti itu, pertama jabatan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Muktiono, kini jabatan itu akan diisi oleh Irjen Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri. Sedangkan Muktiono dipromosikan ke Kadiv TIK Polri.

Kedua, jabatan Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) akan diisi oleh Irjen Bambang Kristiono menggantikan Irjen Indrajid yang kini dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Ketiga, Irjen Royke Lumowa yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Utara) kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Sedangkan kekosongan jabatan Kapolda Sulut akan diisi oleh Irjen Z Panca Putra.

Keempat, jabatan Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ditinggalkan Irjen Mas Guntur Laupe karena dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri, akan diisi oleh Irjen Merdisyam yang dulunya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kelima, jabatan Kapolda Sultra yang ditinggalkan Irjen Merdisyam akan ditempati oleh Wakapolda Sultra Brigjen Yan Sultra Indrajaya. Untuk posisi Wakapolda Sultra akan diisi oleh Brigjen Waris Adono.

Keenam, jabatan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) akan ditinggalkan oleh Irjen Syafril Nursal yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Sulteng akan diisi oleh Brigjen Abdul Rahman Baso.

Ketujuh, jabatan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) akan ditinggalkan Irjen Hamidin yang kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Irjen Lotharia Latif kini menjabat sebagai Kapolda NTT.

Kedelapan, jabatan Kapolda Gorontalo akan ditinggalkan Irjen Adnas yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Brigjen Akhmad Widyagus akan diangkat sebagai Kapolda Gorontalo.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait