FOKUS

Kemendagri Rilis Buku Pedoman Umum Menghadapi Covid-19 untuk Pemda

JAKARTA (tandaseru) – Pemerintah daerah kini memiliki panduan dan protokol jelas dalam menghadapi wabah virus corona, setelah Kementerian Dalam Negeri merilis buku “Pedoman Umum Kesiapsiagaan Menghadapi Penyakit Coronavirus (2019-nCoV) untuk Pemerintah Daerah.”

Buku yang disusun oleh Tim Kerja Kemendagri untuk Dukungan Gugus Tugas Covid-19 ini mengadopsi Panduan Menghadapi Penyakit Virus Corona 2019 Model RRC yang dikeluarkan oleh People’s Medical Publishing House serta disarikan dari berbagai sumber referensi lainnya.

Dalam buku pedoman ini dijelaskan secara rinci tentang Covid-19 dan pedoman umum penanganannya, mulai dari latarbelakang (Kata Pengantar dan Ringkasan Eksekutif), Karakteristik Covid-19 dan Diagnosis Klinis, serta Diagnosis dan Penanganan Covid-19.

Selain itu, dirinci juga mengenai Kebijakan Penanganan dan Pengendalian Covid-19, Prosedur Pelacakan dan Managemen Kontak Dekat, Strategi Mitigasi untuk Keluarga dan Komunitas, serta Pencegahan dan Pengendalian Infeksi.

Buku ini juga menjelaskan tersendiri tentang Penguatan Pemerintah Daerah dalam Penanganan dan Pengendalian Covid-19 (Bab 7), seta Kesiapsiagaan Desa Menghadapi Pandemi Covid-19 (Bab 8).

Sebagai pelengkap, buku ini menyajikan lampiran-lampiran cukup lengkap mengenai dasar hukum serta panduan dan protokol penanganan Covid-19 di berbagai bidang.

Pedoman umum diharapkan bisa menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam melakukan kesiapsiagaan menghadapi wabah Covid-19.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait