FOKUS

Kemenhub Desak Kominfo Sediakan Dashboard Pemantau Taksi Online

JAKARTA (!) – Kementerian Perhubungan mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera menuntaskan penyediaan dashboard pemantau taksi online.

Menurut Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana, hal itu ditujukan agar Kemenhub bisa menjalankan amanatkan Peraturan Menteri Perhubungan (PM) 108 Tahun 2017.

“Kami minta Kominfo bisa menyelesaikan dashboard, agar kita bisa mengimplementasikan PM 108/2017 secara efisien dan efektif,” kata dia di Jakarta, Selasa (13/2).

Salah satu tujuannya, kata Cucu, Kemenhub bisa tahu berapa jumlah sebenarnya dari armada dari mitra aplikator yang beroperasi.

Dengan demikian, Dinas Perhubungan di daerah bisa memonitor dan menjadikannya bahan pengambilan kebijakan di daerah mereka.

Dashboard yang dimaksud untuk menampilkan jumlah taksi online yang aktif beroperasi dan disajikan secara real time,” ujarnya.

Menurutnya lagi, untuk pengaturan taksi online ini membutuhkan kerja bersama dari semua kementerian agar ada kepastian hukum bagi semua pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, Kemenhub meminta Kominfo segera menyelesaikan pembuatkan dashboard pemantau taksi online berikut aturan mainnya (sanksi bagi yang melanggar).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait