FOKUS

Kepala BNPB Ingatkan Sadar Bencana untuk Para Kepala Daerah

JAKARTA (Tandaseru) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut banyak kepala daerah di Indonesia yang sudah mulai menunjukkan sikap yang sadar bencana. Pernyataan ini merespons persiapan daerah menghadapi musim curah hujan tinggi.

“Beberapa tahun terakhir BNPB melihat hal-hal positif yang dilakukan para pemimpin di daerah dengan melibatkan banyak komponen ketika ada informasi curah hujan tinggi,” katanya, Selasa (20/10).

Ia mengatakan para pemimpin di daerah melibatkan banyak pihak untuk mengingatkan masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai untuk mengikuti informasi yang berasal dari daerah hulu.

Ketika hujan dengan intensitas tinggi terjadi, kata dia, informasi tentang kondisi tinggi permukaan air dan cuaca dari daerah hulu harus menjadi perhatian bagi masyarakat yang ada di daerah hilir.

“Bila prosedur tersebut dilakukan, diikuti dengan evakuasi, ketika banjir bandang tiba masyarakat akan selamat,” katanya.

Begitu juga ketika masyarakat yang tinggal di lereng bukit dan gunung dengan kemiringan lebih dari 30 derajat mengikuti peringatan dan badan penanggulangan bencana dan bersedia dievakuasi.

“Ketika terjadi longsor, rumah-rumah mereka mungkin akan tertimbun, tetapi masyarakatnya selamat,” kata Doni Monardo.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com