FOKUS

Kepala Sekuriti Perumahan di Jakbar Jadi Tersangka Buntut Keributan dengan Warga Terkait Pungli

JAKARTA (tandaseru.id) – Polisi menetapkan satu orang kepala sekuriti Kompleks Perumahan Permata Buana, Kembangan, Jakarta Barat berinisial WH buntut adanya dugaan pungutan liar (pungli) hingga berujung keributan dengan penghuni.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono penetapan tersangka ini dilakukan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya kepada belasan sekuriti.

“Sudah ada tersangka satu orang dari 16 sekuriti yang kami amankan kemarin,” kata Joko dalam keterangannya, Sabtu (25/9).

Joko menyebut, WH diduga memerintah sekuriti melakukan pungutan liar (pungli) ke salah satu penghuni yang hendak memasukkan pot tanaman ke pekarangan rumahnya.

“Dia itu kepalanya ya, dia yang memerintahkan dia juga sama-sama (melakukan itu),” ujar dia.

Adapun dalam kasus ini, Joko mengatakan, penyidik telah meminta keterangan perusahaan jasa keamanan yang menempatkan para sekuriti tersebut di Kompleks Perumahan Permata Buana serta pengurus lingkugan setempat termasuk ketua RW.

Berdasarkan pemeriksaan, ditemukan adanya tindak pidana yang mengarah pada Pasal 335 KUHP.

“Kami sudah panggil perusahaan jasa pengamanan sama pengurus lingkungan di bidang keamanan ya dan Ketua RW kita panggil. Berdsarkan alat bukti yang ada, WH diduga melanggar Pasal 335 KUHP,” ucap dia.

Diketahui, sebuah keributan viral di media sosial terjadi di Komplek Perumahan Permata Buana, Kembangan, Jakarta Barat diduga antara penghuni dengan petugas keamanan komplek (satpam) komplek.

Dalam rekaman yang diunggah akun instagram @merekamjakarta tersebut diketahui terjadi pada Senin (20/9) pagi. Terlihat satpam komplek yang diduga ada 10 orang lebih berkerumun di lokasi.

Belakangan diketahui, insiden itu terjadi saat warga komplek tengah membawa tanaman ke rumahnya, namun ditahan oleh satpam komplek.

Sejauh ini, pihak kepolisian sudah memanggil dan memeriksa 16 satpam untuk membuat terang kasus tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com