FOKUS

Kerusuhan di India Akibat Status FB Hina Nabi Muhammad, Tiga Orang Tewas

BANGALORE (Tandaseru) – Kerusuhan besar terjadi di Bangalore, India, Rabu (12/8) melibatkan ribuan orang. Tiga orang dilaporkan meninggal dunia.

Dilansir BBC, Kerusuhan terjadi dipicu unggahan seseorang di Facebok yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. Massa tak terima atas ulah yang dilakukan oleh salah satu politikus di negeri Bollywood tersebut.

Ribuan pendemo dan polisi terlibat aksi saling dorong dan demonstrasi menjadi bentrok fisik hingga menimbulkan korban jiwa. Polisi mencatat sebanyak 60 orang mengalami luka-luka ketika massa menyerang pos polisi.

Kerusakan juga terjadi pada kendaraan yang berada di sana. Rumah-rumah warga, fasilitas umum, tak luput dari pembakaran oleh massa yang marah.

Massa yang beringas mendapat perlawanan keras dari polisi yang menembakkan peluru tajam dan gas air mata. Tiga orang dilaporkan mengalami luka kritis dan satu wartawan luka ringan.

Tiga orang dikabarkan tewas karena luka tembak. Kepolisian Bangalore mengklaim telah menangkap pelaku pembuat postingan hinaan itu. Kemudian ratusan orang telah diamankan diduga sebagai provokator.

Polisi mengklaim situasi di Bangalore telah terkontrol. Namun polisi tetap berjaga-jaga dengan mengadakan patroli dan melarang orang berkumpul. Bangalore dikenal sebagai kota dengan komunitas Muslim dengan jumlah sekitar 8 juta orang.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id