FOKUS

Ketua BPK RI Sampaikan Hasil Audit Badan Energi Atom Dunia Tahun 2020

WINA (tandaseru.id) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyampaikan hasil audit Badan Energi Atom Dunia (IAEA) tahun 2020. BPK menilai sepanjang tahun 2020, pengelolaan keuangan badan internasional tersebut Wajar Tanpa Pengecualian atau unqualified opinion.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna, menyebutkan financial statements IAEA hingga 31 Desember 2020 telah sesuai dengan Standar Akuntansi Sektor Publik Internasional.

“Dalam melakukan audit, BPK telah mengikuti International Standards on Auditing (ISA) dan The International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI),” ujar Agung Firman Sampurna.

Sebagai auditor eksternal Badan Energi Atom Dunia (IAEA) periode 2016 – 2021,BPK RI katanya telah dipercaya untuk melakukan audit keuangan IAEA dan memberikan rekomendasi tiap tahunnya hingga tahun 2021 untuk menjamin dan meningkatkan performa organisasi IAEA.

Agung Firman juga menyampaikan sejumlah rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti IAEA, yang mendapat apresiasi negara-negara anggota IAEA dalam Pertemuan Programme and Budget Committee Dewan Gubernur (Board of Governors/ BoG) IAEA di Wina, Austria (4/5).

Audit Badan Energi Atom Dunia

Wakil Tetap RI di Wina, Duta Besar Darmansjah Djumala, menyampaikan apresiasi atas kondisi keuangan IAEA yang sehat dan kuat, serta penggunaan anggaran secara efektif, sebagaimana ditunjukkan dalam hasil audit tersebut.

Dalam Pertemuan yang juga membahas Program dan Anggaran IAEA untuk tahun 2022-2023, Dubes Djumala juga mendorong agar pendanaan kegiatan IAEA dialokasikan secara lebih berimbang antara kepentingan negara maju dan negara berkembang.

Indonesia juga mendorong agar alokasi anggaran kerja sama teknis IAEA tercukupi, terjamin, dan dapat diperkirakan, agar proyek-proyek kerja sama teknis, terutama untuk negara berkembang, dapat diimplementasikan.

Pertemuan Dewan Gubernur IAEA merupakan forum negara anggota IAEA yang dilangsungkan di markas besar IAEA di Wina untuk mendiskusikan sejumlah isu terkait tenaga/ energi nuklir.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com