FOKUS

4 Keutamaan Shaf Pertama Ketika Shalat Berjamaah

JAKARTA (tandaseru) – Dalam islam, shalat berjamaah merupakan ibadah yang sangat agung. Terlebih lagi ketika mendapati shaf pertama, karena ada beberapa keutamaan shaf pertama dalam shalat berjamaah.

Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan dan pahala yang akan diperoleh pada siapa pun yang berdiri di barisan pertama dalam shalat berjamaah.

Apakah Anda selalu berlomba lomba dalam mendapati shaf pertama saat hendak pergi ke masjid? Jika iya, simak keutamaan dari shaf pertama berikut ini.

Keutamaan shaf pertama dalam shalat berjamaah

Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang berada di shaf pertama

Terdapat dalil-dali yang menunjukkan keutamaan shaf pertama. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الصُّفُوْفِ اْلأُوَلِ

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang shalat di shaf pertama.” (H.R Abu Dawud, shahih)

Terdapat juga hadits yang menunjukkan bahwa adanya keutamaan dan pahala khusus pada shaf pertama, dan bolehnya undian untuk mendapatkannya jika diperlukan.

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ ، ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إلاَّ أنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا

Seandainya manusia mengetahui keutamaan yang terdapat pada adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidaklah akan medapatkannya kecuali dengan diundi, niscaya pasti mereka akan mengundinya.“ (H.R Muslim)

Shaf pertama seperti satu baris dengan para malaikat

Shaf pertama merupakan barisan pilihan dan sama dengan barisan para malaikat. Hal ini berdasarkan hadits Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

وَإِنَّ الصَّفَّ الأَوَّل عَلَى مِثْلِ صَفِّ الْمَلَائِكَةِ, وَلَوْ عَلِمْتُمْ مَا فِيْهِ لاَبْتَدَرْتُمُوْهُ

Dan sesungguhnya shaf pertama seprti shafnya para malaikat. Dan seandainya kalian mengetahui keutamaan yang ada didalamnya, pastilah kalian bergegas mendapatkannya.” (HR. Abu Dawud dan dihasankan oleh syaikh Albani dalam Sunan Abi Dawud).

Makna dari “seperti shafnya para malaikat “adalah sama dengan kedekatannya pada Allah dan dalam hal turunnya rahmat. Selain itu, sama dalam hal kesempurnaan hingga lurusnya shaft para malaikat saat beribadah kepada Allah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait