FOKUS

Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama! Jargon Resmi Hari Sumpah Pemuda

JAKARTA (!)Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama! menjadi jargo resmi dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Ucapan ini pun disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui video singkat di kanal youtube milik Biro Pers Kepresidenan.

Pada bagian awal video, Presiden mengungkapkan tentang betapa beragamnya Indonesia dengan ratusan suku dan ribuan bahasa daerah yang dimiliki.

Kemudian, Presiden meneruskan kalimatnya dengan mengutarakan harapan untuk menjadikan momen Sumpah Pemuda ini sebagai semangat abadi para pemuda Indonesia.

Dengan kata lain, semangat untuk kerja sama dari para pemuda yang beragam dan dengan latar belakang yang berbeda.

Pada video berdurasi 40 detik yang dibuat bersama para awak media di depan Istana Presiden tampil mengenakan kemeja putih dan berdiri pada barisan depan.

Dengan memunculkan video tersebut, Jokowi ingin menyampaikan pesan agar para pemuda Indonesia senantiasa menjunjung tinggi persatuan tanpa adanya sekat perbedaan.

Maka dari itu, jargon Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama merupakan slogan yang paling cocok untuk hari Sumpah Pemuda kali ini.

Pada proses pengambilan gambar video tersebut, Jokowi yang membaca kata-kata pada kertas yang diletakkan kurang lebih berjarak 2-3 meter itu, sedikit kesulitan lantaran tulisan yang dibuat dengan huruf kecil.

Oleh karena itu, tulisan kata ‘saya’ pada kertas jadi dibaca ‘kita’ oleh Jokowi. Maka, dengan mengganti kata tersebut membuat pesan yang disampaikan melalui video menjadi sebuah ajakan untuk masyarakat.

Memang terdapat coretan di kata ‘saya’ pada kertas tersebut namun tak terlihat jelas apa yang tertulis untuk menggantikan coretan tersebut, akhirnya membuat Jokowi berimprovisasi.

Pada akhir pengambilan gambar pun Jokowi sempat tertawa saat wartawan yang berbaris dibelakangnya bersorak dengan suara berbeda-beda alias tidak kompak usai membacakan jargon Hari Sumpah Pemuda yang telah disiapkan.

Karena beberapa kali kesalahan, maka proses pengambilan gambar sampai dilakukan berulang kali, namun tidak memakan waktu yang lama.

Baca Juga:

Ramaikan dunia maya

Tidak hanya Presiden, para pejabat Indonesia juga ikut meramaikan dunia maya dengan mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda, beberapa ucapan datang dari pejabat yang memang aktif di media sosial.

Seperti yang dilakukan Kepala Badan Bekraf Triawan Munaf, yang menuliskan jargon sumpah pemuda “Kita tidak sama, kita kerja sama. #SumpahPemuda2017”.

Atau ada lagi yang datang dari Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang mengutip kata-kata bijak dari Bung Karno, yang mengisyaratkan agar para pemuda Indonesia tidak hanya mendapatkan sisa semangat dari Sumpah Pemuda, melainkan mengobarkan semangat Sumpah Pemuda itu sendiri.

Seolah tak mau ketinggalan, politisi yang terkenal di media sosial yang juga Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga ikut menuliskan sesuatu pada twitter pribadinya.

“Dari Sabang ujung paling barat Indonesia saya mengucapkan Selamat #SumpahPemuda2017. Merdeka Bro!!” twitt Fahri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com