FOKUS

Kolaborasi Diyakini Bisa Ubah Perilaku Masyarakat Hadapi Covid-19

JAKARTA (tandaseru) – Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo melaporkan hasil survei yang menyatakan 17 persen masyarakat tidak percaya dan menganggap tidak mungkin dan sangat tidak mungkin terpapar Covid-19.

Menanggapi laporan tersebut, ujarnya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya upaya bersama untuk mengubah perilaku masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

“Jadi kolaborasi dari seluruh komponen kita yakini akan bisa mengubah cara pandang masyarakat kita yang semula merasa tidak mungkin dan sangat tidak mungkin terpapar Covid-19. Alhamdulillah pelan-pelan sudah semakin baik, sudah semakin banyak yang menyadarinya (dampak Covid-19),” kata Kepala BNPB Doni Monardo.

Satgas Penanganan Covid-19, diungkapkan Doni, telah bekerja sama dengan sejumlah media baik pusat dan daerah serta 4.900 wartawan yang tergabung dalam program untuk kampanye perubahan perilaku tersebut.

Menurut Doni, media yang paling populer untuk menyampaikan informasi terkait protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 kepada masyarakat adalah media sosial, diikuti TV, Whatsapp, media online, poster, dan surat kabar serta radio.

“Kita berharap sekali kepada teman-teman media untuk senantiasa mengkampanyekan atau menyampaikan pesan-pesan tentang patuh kepada protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan disinfektan,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Doni,  juga melakukan sosialisasi yang melibatkan para penyuluh Keluarga Berencana dari BKKBN. “Kemudian juga pelibatan para pelajar dan juga mahasiswa kerja sama dengan Kemendikbud diharapkan ikut membantu untuk sosialisasi perubahan perilaku,” kata Doni.

Tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan katanya juga dipengaruhi penerapan sanksi terhadap pelanggaran serta keteladanan/kepemimpinan yang ditunjukkan. Satgas Penanganan Covid-19, ujarnya, juga bekerjasama dengan TNI dan Polri.

“Jadi kita sangat berharap seluruh pihak, seluruh pejabat, seluruh aparat, dan tokoh-tokoh di manapun berada untuk bisa mengajak masyarakat dengan cara memberi contoh,” kata Don

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com