FOKUS

Di Forum Dunia, Kominfo Jelaskan Strategi Dalam Perlindungan Data Pribadi

Tandaseru – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan strategi perlindungan data pribadi di forum dunia.

Dalam diskusi tata kelola data dalam acara Internet Governance Forum 2019 di Berlin, Jerman, Johnny, menjelaskan bahwa Indonesia menggandeng pendekatan dengan multistakeholder.

Komitmen tersebut tentunya melibatkan sektor kementerian, kepolisian, perusahaan teknologi dan telekomunikasi, serta masyarakat sipil.

Dia menyampaikan, setidaknya ada dua praktik yang akan dilakukannya, yakni pemerintah akan segera menyelesaikan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi guna melindungi privasi masyarakat.

“Undang-undang data yang baru ini tidak hanya akan mengakui privasi data sebagai hak dasar setiap warga negara manapun juga akan menjamin perlindungan data konsumen,” kata Johnny.

Lebih lanjut, ia juga akan mengandalkan Siberkreasi sebagai gerakan nasional yang melibatkan berbagai unsur pemerintah, seniman, komunitas, hingga masyarakat.

Diharapkan gerakan ini mampu melawan hoax hingga cyber bullying. Siberkreasi akan terlibat langsung dan memberdayakan masyarakat dalam perlindungan data, literasi digital, pengembangan kurikulum, dan tata kelola ruang cyber.

Selain itu, masyarakat sipil pun diminta harus mendidik dirinya terkait hak privasi data, sedangkan sektor publik dan swasta dapat mengumpulkan data tetapi harus melakukannya sesuai dengan koridor hukum.

“Kita harus mengikuti prinsip-prinsip tersebut jika ingin memastikan bahwa perlindungan data akan ditegakkan di atas hadirnya inovasi dan teknologi baru. Tahap awal Artificial Intelligence, big data, dan internet of things sudah menunjukkan bahwa inovasi-inovasi tersebut di masa depan akan merevolusi kehidupan sehari-hari yang kita kenal selama ini,” kata Menkominfo.

Sebagai informasi, diskusi ini membahas pendekatan yang bisa dilakukan terkait tata kelola data dari berbagai perspektif.

Selain Menkominfo, turut hadir sepuluh pembicara dari berbagai kalangan, baik swasta, pemerintahan, maupun lembaga internasional.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait