FOKUS

Lantik Laksamana Madya Aan Kurnia, Presiden: Bakamla Jadi Embrio Indonesian Coast Guard

JAKARTA (tandaseru) – Presiden Joko Widodo melantik Laksamana Madya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Badan Keamanan Laut di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Rabu (12/2).

Prosesi upacara pengambilan sumpah jabatan diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) oleh Deputi Administrasi Sekretariat Kabinet, Farid Utomo bahwa berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17/TPA Tahun 2020 ditetapkan di Jakarta tanggal 23 Januari 2020, tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan Badan Keamanan Laut.

Dalam Keppres tersebut menyebutkan Presiden Jokowi mengangkat Laksamana Madya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Badan Keamanan Laut terhitung sejak saat pelantikan dan kepadanya diberikan tunjangan jabatan struktural eselon 1/a sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Presiden Jokowi berharap ke depan Bakamla menjadi embrio coast guard-nya Indonesia sehingga nanti lembaga yang lain kembali ke institusinya masing-masing dan di laut kewenangan hanya Bakamla.

”Bakamla itu kayak Indonesian Coast Guard. Tapi ini masih proses regulasinya agar semuanya  bisa ada harmonisasi,” ujar Jokowi.

“Kemudian, saya juga berharap dengan diangkatnya Pak Aan Kurnia, ke depan yang kita inginkan tadi juga bisa dikawal dan dipercepat sehingga betul-betul kita memiliki sebuah coast guard yang namanya Bakamla, ya diberi kewenangan di perairan kita,” tutur Presiden Jokowi usai pelantikan Kepala Bakamla di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Rabu (12/2).

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait