FOKUS

LIB Minta Satgas AMB Kawal Laga Liga Indonesia hingga Akhir Pertandingan

JAKARTA (tandaseru) – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Irjen Pol (Purn)  Sudjarno, mengatakan LIB sudah membuat rancangan terkait Satgas AMB untuk mengawal sampai akhir di setiap pertandingan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

Dia menyebutkan dari sejumlah kasus yang terungkap sudah banyak didapatkan temuannya, dari wasit yang tidak fair, ada suatu lingkaran setan yang benar – benar bermain dan tim yang bertanding nantinya dan wasitnya siapa sudah diatur. Hal ini mau kita benahi, nanti wasitnya dari LIB dan kita minta 30 wasit terbaik dari PSSI.

Sudjarno menyebutkan banyak kejadian ketika wasit ditugaskan kemudian diberangkatkan sampai di lokasi dijemput oleh LO. “Bayangkan kalau tuan rumah mau masuk merapat kepada wasit melalui LO, diberikan entertain, kemudian diberikan segala macam agar wasit berpihak kepada tuan rumah,” ujarnya, Selasa (8/9).

Ada juga Kapolresnya masuk kepada wasit, pesan agar hasil seri/seimbang karena ingin wilayahnya aman tidak terjadi keributan.

Untuk menghindari hal ini terjadi kembali, LIB berkeinginan ketika menunjuk dan memberangkatkan wasit, dimana saja, saat tiba wasit akan dijemput oleh LO dan didampingi oleh 2 orang Satgas AMB yang akan melekat dengan wasit.

Petugas Satgas AMB nantinya akan diberikan fasilitas yang sama, mulai dari hotel yang sama dengan wasit, kendaraan, uang saku dan honornya pun juga akan disiapkan.

”Mohon Kasatgas AMB agar mengatur bagaimana teknisnya, sehingga pihak LIB bisa cepat tahu nama-nama petugas Satgas AMB yang akan bertugas ketika akan ada wasit yang ditugaskan untuk suatu daerah, karena uang saku/honornya juga akan langsung kami serahkan kepada yang bersangkutan,” ungkap Sudjarno.

Ketika wasit sedang memimpin pertandingan, maka tugas dari petugas Satgas AMB adalah menonton dan mengawasi jalannya pertandingan dari tempat yang akan disiapkan, petugas Satgas AMB tidak diperkenannkan memasuki ruang ganti seperti halnya dengan pejabat lainnya, karena hanya pelatih yang boleh memasuki ruang ganti. Petugas AMB akan mengawal wasit sampai dengan mau pulang.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait