FOKUS

Libur Panjang, Mendagri: Antisipasi Potensi Penularan dan Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

JAKARTA (tandaseru) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah dan jajaran Forkopimdanya mengantisipasi potensi penularan Covid-19 pada libur panjang.

Untuk itu, katanya masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti diketahui, pada pekan depan akan ada libur yang cukup panjang. Karena itu pertahanan untuk pencegahan Covid-19 mesti dikuatkan di masing-masing daerah.

Mendagri mengungkapkan hal itu dalam konferensi pers usai menghadiri rapat terbatas,” Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang” yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara, di Jakarta, Senin (19/10).

Pada Acara Konference Pers tersebut dihadiri Menko PMK, Mendagri, Menkes, Kepala BNPB yang juga merangkap Kasatgas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional.

Menurut Mendagri, dalam rapat tadi, yang dibahas khusus adalah libur panjang yang akan terjadi pekan depan. Seperti diketahui, minggu depan ini ada liburan yang cukup panjang dalam rangka memperingati hari besar Maulid Muhammad SAW.

“Ada 3 hari cuti, baik cuti peringatan maupun cuti bersama, kalau kita lihat sesuai dengan ketentuan yang ada itu hari Rabu, Kamis, dan Jumat pada tanggal 28, 29 dan 30 Oktober,” ujarnya.

“Nah ini artinya bisa terdapat hari- hari kejepit, mulai Senin Selasa itu bisa hari kejepit. Kemudian hari Jumat karena libur juga bisa berlanjut ke hari Sabtu dan Minggu. Nah ini mengindikasikan akan kemungkinan akan terjadi libur panjang,” kata Mendagri.

Mendagri menambahkan, biasanya sebelum pandemi Covid-19, setiap ada hari libur panjang masyarakat banyak yang melakukan perjalanan. Bisa pulang kampung, kumpul bersama keluarga, atau pergi ke tempat liburan untuk berekreasi dan lain-lain.

Artinya, akan ada mobilitas yang tinggi dari masyarakat yang bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dan di masa pandemi pergerakan masyarakat seperti ini bisa menimbulkan penularan. Bisa jadi media penularan.

“Oleh karena itu ini yang perlu kita waspadai bersama agar liburan ini tidak menjadi media penularan, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan bersama,”ujarnya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com