FOKUS

Liburan Nataru 2019/2020, Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 2-4 Bisa Dilalui

Tandaseru – Kementerian PUPR menyebutkan menyambut liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Jalan Tol Balikpapan–Samarinda (Balsam) khususnya seksi 2,3, dan 4 sepanjang 66 km siap diresmikan.

Saat ini secara keseluruhan progres konstruksinya sudah mencapai 97 %. “Untuk waktu peresmian diperkirakan pada minggu ke-2, tinggal menunggu jadwal Bapak Presiden,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau progres konstruksi seksi 1 dan 5 Jalan Tol Balikpapan – Samarinda, Kamis (5/12).

Basuki juga sudah meninjau jalan tol itu dari Balikpapan hingga Samarinda. Untuk seksi 2,3 dan 4 Jalan Tol Balikpapan– Samarinda menurut Menteri PUPR, menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sementara untuk seksi 1 dan 5 yang menjadi porsi pemerintah masih dalam proses penyelesaian, karena terdapat masalah teknis adanya pergerakan tanah sehingga dibutuhkan teknik konstruksi yang khusus.

“Untuk seksi 5 saat ini sudah ada keputusan penanganannya, minggu ini akan dibahas desain akhirnya dengan second opinion dari tenaga ahli kami untuk bisa dikerjakan tindak lanjutnya. Setelah desain disepakati akan diserahkan ke BUJT, dan lanjut diserahkan ke PT Wijaya Karya selaku kontraktor untuk bisa dikerjakan penanganan pergerakan tanahnya. Mudah-mudahan bisa diselesaikan sebelum Lebaran 2020,” kata Basuki.

Sedangkan untuk seksi 1 yang mendapat dukungan APBD, menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat ini desain penanganannya sudah diserahkan dari konsultan dan tinggal menunggu serah terima pekerjaan lapangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) ke BUJT dan kontraktor.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id