FOKUS

Liga Arab Kecam Israel Bangun Ribuan Rumah Yahudi di Tepi Barat

RIYADH (Tandaseru) – Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit mengutuk langkah Israel melanjutkan pembangunan rumah-rumah baru untuk permukiman Yahudi di Tanah Palestina.

Gheit mengatakan langkah zionis itu akan mengacaukan solusi dua negara (Palestina-Israel). Dia menilai langkah sepihak zionis itu bertolak belakang dengan klaim Pemerintah Israel baru-baru ini yang menyatakan akan berupaya mendukung perdamaian dan keamanan di kawasan.

Pimpinan organisai pan-Arab itu pun mendesak masyarakat internasional agar memenuhi tanggung jawab melawan upaya Israel mencaplok Tanah Palestina.

Israel pada Rabu (14/10) menyetujui pembangunan 2.166 rumah baru di permukiman Tepi Barat yang diduduki. Persetujuan itu merupakan langkah pertama sejak Pemerintah Israel menghentikan rencana aneksasi di wilayah Palestina itu.

Rencana pembangunan permukiman Yahudi kali ini sekaligus menjadi yang pertama diumumkan sejak Israel meneken kesepakatan normalisasi hubungan dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain.

Padahal, UEA sempat mengklaim, pemulihan hubungan diplomatik dengan Israel itu bertujuan untuk membantu kedaulatan Palestina.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait