FOKUS

Ayam Bumbu Rajang Khas Lombok yang Bikin Ngiler

JAKARTA (tandaseru) – Ingin buat menu makan siang apa hari ini? Tak perlu bingung, buat saja makanan khas Lombok yang lezat dan menggugah selera resep ayam bumbu rajang.

Bila bosan dengan ayam goreng yang itu-itu saja, masakan ini hampir mirip dengan ayam bumbu merah pada umumnya, namun perbedaannya adalah cara mengolah bumbunya.

Selain bahan-bahan yang dubutuhkan mudah ditemukan, cara membuatnya tidak butuh waktu lama loh. Yuk simak resep ayam bumbu rajang berikut ini.

Makanan Khas Lombok Ayam Bumbu Rajang

Bahan-bahan

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 500 gr daging ayam, potong-potong. Kemudian 1 buah jeruk nipis dan 1 sdt garam.

Sediakan juga bumbu halus yang terdiri dari 12 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 5 buah cabai keriting, 5 buah cabai merah besar, dan 1 buah tomat merah. Lalu 2 ruas kunyit, 2 ruas jahe, 1 sdt ketumbar, sangria dan 1 sdt lada butir.

Kemudian siapkan bumbu Rajang khas Lombok, yaitu 5 siung bawang merah diiris tipis, 1 ruas lengkuas geprek, 5 cm kayu manis, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 sdm gula merah dan garam secukupnya.

Langkah mudah membuat makanan khas Lombok yang Lezat

Resep Ayam Bumbu Rajang

Tahap awal yang harus dilakukan adalah rendam ayam dengan jeruk nipis dan garam selama 20 menit. Lalu bilas ayam hingga bersih dan tidak bau amis.

Step selanjutnya, tumis bumbu rajang hingga harum dan masukkan juga bumbu halus. Tumis sampai harum dan matang hingga bumbu berwarna lebih gelap merah.

Kemudian masukkan ayam dan aduk merata dengan bumbu. Tumis sebentar hingga ayam agak matang pada bagian luarnya.

Setelah itu, tuang air secukupnya, masukkan gula merah, dan garam. Lalu ungkep ayam selama 10 menit.

Jangan lupa koreksi rasa hingga sesuai selera. Lalu aduk-aduk, masak sebentar hingga bumbu terasa sedap dan tanak.

Ayam bumbu rajang pun sudah siap disantap bersama nasi hangat dan lauk lainnya. Bagaimana, mudah sekali bukan? Selamat mencoba makanan khas Lombok resep ayam bumbu rajang di rumah ya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com