FOKUS

Ingat! Ini 6 Makanan dan Minuman Sehat untuk Cegah Kanker Hati



Tandaseru – Penyakit yang menyebabkan komika Gebi meninggal adalah kanker hati. Namun ternyata ada beberapa jenis makanan sehat untuk cegah kanker hati yang perlu Anda tahu.

Penyakit kanker hati termasuk jenis penyakit yang berbahaya dan bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang usia.

Komika Gebi Ramadhan meninggal dunia di usia yang masih sangat muda yakni 24 tahun pada Selasa (15/1/2019), akibat penyakit kanker hati yang dideritanya.

Langkah terbaik untuk mengatasi kanker adalah pencegahan yang dimulai dengan pola makan yang sehat.

Melansir dari laman webmd.com, inilah 6 beberapa jenis makanan dan minuman sehat yang bisa mencegah penyakit kanker hati.

Salah satu makanan sehat untuk cegah kanker hati bayam

Sudah tak perlu diragukan, sayuran hijau seperti bayam memiliki sifat antioksidan yang kuat, seperti glutathione.

Senyawa glutathione ini sangat baik untuk menjaga kesehatan organ hati agar tetap bekerja dengan baik.

Kacang Almond

Vitamin E yang terkandung dalam kacang alom memiliki nutrisi yang menurut penelitian dapat membantu melindungi organ hati dari penimbunan lemak yang berlebihan.

Selain untuk organ hati, kacang almond juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Teh Hijau

Resep Teh Hijau Lemon

Selain makanan, minuman teh hijau dikenal sebagai minuman yang sangat kaya akan antioksidan.

Hampir semua penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau mampu menjadi pelindung terhadap beberapa bentuk penyakit kanker, termasuk kanker hati.

Namun, bagi orang yang sudah memiliki masalah kesehatan hati, sebaiknya berhati-hati dan jangan berlebihan dalam mengonsumsi teh hijau.

Kopi

Tak banyak yang tahu jika kopi menjadi jenis makanan sehat untuk cegah kanker hati. Menurut penelitian minum dua hingga tiga cangkir kopi bisa melindungi organ hati dari kerusakan.

Minuman ini mampu mencegah penumpukan lemak dan kolagen. Kopi juga bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar antiokasidan glutathione.

Perlu dicatat, pastikan untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Air mineral

Manfaat Rutin Minum Air Putih

Minuman terakhir menjadi salah satu hal yang paling sederhana dan terbaik untuk menjaga kesehatan organ hati yaitu banyak minum air mineral.

Buah Blueberry

Buah yang punya cita rasa manis asam ini mengandung senyawa polifenolyang bisa melindungi organ hati dari penimbunan lemak non-alkohol.

Lemak non-alkohol ini biasanya akan menyebabkan obesitas dan kolesterol tinggi. Salah satu makanan sehat untuk cegah kanker hati ini  sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait