FOKUS

4 Makanan Ini Harus Dihindari Busui Saat Bayi Alami Diare

JAKARTA (tandaseru) – Ibu mana yang tak khawatir bila sang buah hati mengalami diare, apalagi jika bayi masih dibawah 6 bulan. Langkah yang tepat untuk mengatasi diare pada bayi adalah tetap menyusuinya dengan ASI dan sesekali diselingi dengan pemberian oralit.

ASI merupakan sumber makanan dan cairan utama pada bayi di bawah usia 6 bulan. Bahkan manfaat ASI bisa meningkatkan sistem imum bayi karena ASI mengandung antibodi.

Oleh sebab itu, pentingnya bagi sang ibu untuk memerhatikan asupan makanan saat bayi sedang mengalami diare.

Supaya diare pada bayi tidak semakin buruk, hindari beberapa makanan tertentu. Berikut ini adalah 4 makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui.

Makanan yang harus dihindari ibu menyusui saat bayi diare

Makan Makanan Mentah

Tahukah Anda, makanan mentah bisa saja mengandung kuman yang dapat menjadi sumber infeksi dan penyebab diare pada bayi.

Makanan mentah dapat meningkatkan risiko bagi sang ibu mengalami keracunan makanan sehingga bisa memengaruhi proses pemberian ASI pada bayi.

Dalam studi Korean Journal of Pediatrics pada tahun 2017, mengatakan bahwa makanan mentah masuk dalam deretan makanan yang harus dihindari bagi ibu menyusui, terlebih saat bayi mengalami diare.

Makanan mentah yang harus dihindari pada ibu menyusui seperti asinan sayur, sushi, sashimi dan juga karedok.

Kacang Kedelai

Manfaat Kacang Kedelai

Bukan hanya bentuk kacang kedelai saja, tapi juga dalam bentuk olahan seperti tempe, tahu, susu kedelai dan makanan olahan lain yang berbahan kacang kedelai.

Beberapa bayi memproduksi antibodi non IgE dimana ditubuhnya juga terdapat protein kacang kedelai.

Jika tetap mengonsumsi kacang kedelai maka dapat memperburuk kondisi bayi saat sedang mengalami diare. Sebaiknya hindari sampai bayi sudah dalam kondisi membaik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait