FOKUS

Mal Buka 15 Juni Mendatang, Polda Metro Siap Berikan Pengamanan

JAKARTA (tandaseru) – Polda Metro Jaya bersama instansi terkait akan melakukan pengamanan untuk mengawal pembukaan pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Ibu Kota yang rencananya akan dibika pada 15 Juni 2020 mendatang.

“TNI polri akan melakukan pengawasan pengamanan untuk melakukan kegiatan pendisiplinan,” ujar Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana di Jakarta, Sabtu (6/6).

Pihaknya mengaku sudah menerima informasi soal tahapan pembukaan kembali sejumlah aktivitas di wilayah Ibu Kota. Begitu pula soal rencana pembukaan mal yang rencananya akan dilakukan pada 15 Juni. Apabila memang mal dibuka Nana minta jajarannya bisa mengawal dengan cermat.

“Untuk pembukaan mal sampai saat ini belum ada. Kita masih menunggu, kan ada fasenya. Rencananya tanggal 15 (Juni 2020),” jelasnya

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan bahwa mal-mal dan pasar-pasar berjenis non-pangan di Ibu Kota diperkenankan mulai buka kembali pada Senin, 15 Juni 2020. Hanya, menurut Anies, mengacu pada protokol kesehatan di masa PSBB, kapasitas pusat-pusat ritel itu dibatasi hanya 50 persen saja.

Kebijakan itu muncul saat Anies memperpanjang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Jakarta mulai 5 Juni hingga waktu yang belum ditentukan, menunggu evaluasi akhir bulan ini. Namun PSBB itu disertai pelonggaran di sejumlah sektor, termasuk membuka kembali pusat perbelanjaan, mulai Juni ini – yang dia sebut sebagai masa transisi.

“Harus diperhatikan, hanya lima puluh persen kapasitas, jaga jarak aman [antar pengunjung] satu meter,” ujar Anies terkait pembukaan mal saat umumkan perpanjangan PSBB di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta, Kamis (4/6).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait