FOKUS

Mitos Atau Fakta, Jika Setelah Menyusui Bayi Harus Bersendawa?

JAKARATA (tandaseru.id) – Bayi yang telah menyusu, baik yang ASI atau susu formula perlu untuk disendawakan. Terutama bayi yang minum susu formula dan ASI perah. Menilik manfaat menyendawakan bayi setelah menyusu cukup penting.

Adakah alasan khusus? Ya, karena ketika bayi minum susu menggunakan botol, gelembung udara dari botol bisa turut masuk hingga menumpuk di lambung bayi.

Jika bayi tidak bersendawa, maka udara yang terdapat di lambungnya bisa membuat bayi menjadi tidak nyaman dan mudah rewel.

Manfaat Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu

Mencegah dan mengurangi gejala kembung

Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami kembung. Anak bayi pun bia mengalaminya, terutama bagi mereka yang minum susu melalui botol.

Kembung biasanya disertai dengan masalah pencernaan, yakni muntah, diare, konstipasi, dan sakit perut.

Bayi yang mengalami kembung, biasanya akan lebih mudah muntah dan menjadi sangat rewel.

Menurut Dr. Muzal Kadim, Sp. A, menyendawakan bayi memiliki manfaat mengurangi gejala kembung.

Melancarkan sistem pencernaan

Dengan bersendawa dapat mengurangi gas yang terdapat dalam lambung bayi. Sehingga saluaran cerna bayi pun menjadi lebih lancar dan sehat.

Bayi menjadi lebih tenang

Bayi yang awalnya rewel karena lambung dan saluran cernanya tertekan oleh gas, setelah Ia bersendawa biasanya akan menjadi tenang kembali.

Jika bayi tenang, maka aktivitas dan waktu tidurnya pun menjadi teratur. Hal ini tentu sangat bagus untuk tumbuh kembangnya.

Sebenarnya bukan hanya bayi yang menyusu menggunakan botol saja yang perlu bersendawa, bayi yang minum ASI langsung dari ibu pun perlu bersendawa. Walaupun kemungkinan gas yang masuk jauh lebih sedikit.

Sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat menyendawakan bayi setelah menyusu. Jadi ini bukah hanya sekedar mitos saja ya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com