FOKUS

Segudang Khasiat Sayur Okra yang Berlendir dan Baik Untuk Kesehatan

JAKARTA (tandaseru.id) – Okra merupakan tanaman berbunga yang dikenal dengan biji polongnya yang bisa dimakan. Tanaman ini dibudidayakan di iklim hangat dan tropis, seperti di Asia Selatan dan Afrika. Manfaat okra untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Sayur yang unik dan kaya akan nutrisi ini dapat mencegah berbagai penyakit. Berkhasiat untuk mengontrol gula darah hingga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Okra sebenarnya termasuk kategori buah, hal ini diartikan sebagai segala sesuatu yang mengandung biji. Tetapi karena tidak memiliki rasa manis seperti apel dan nanas, maka okra dianggap sebagai sayuran.

Biji okra juga bisa dipanggang dan digiling untuk dibuat sebagai minuman yang mirip dengan kopi. Lalu apa saja manfaat okra si sayuran yang unik ini? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Okra Untuk Kesehatan yang Tak Perlu Diragukan

Mengontrol Gula Darah

Okra merupakan sayuran dengan indeks glikemik rendah, sehingga membantu menjaga kadar glukosa dalam darah tetap optimal.

Mengonsumsi sayuran okra dapat membantu meningkatkan gula oleh otot yang kemudian dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut karena adanya kandungan zat myricetin.

Antikanker

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa lektin dalam okra dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara hingga 65%.

Selain itu, dalam okra terdapat kandungan sejumlah serat tidak larut yang dapat meningkatkan dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan menurunkan risiko kanker kolorektal.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com