FOKUS

Mendagri Buka Rakor Bidang Polpum dan Deteksi Dini Pilkada Serentak 2020 di Bali

JAKARTA (tandaseru) – Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak 2020 di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (27/2).

Rakor akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Prof. H. M. Tito Karnavian PhD, serta diikuti oleh unsur-unsur pimpinan daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak, antara lain Sekda, Kaban Kesbangpol, KPU, Bawaslu, Intelkam Polda, Asintel Kodam/Korem, Kabinda, DKPP, dan Asintel Kejati.

Beberapa panelis utama dijadwalkan hadir dalam Rakor ini, yakni Menteri PAN-RB, Jaksa Agung, Kepala BIN, Kapolri, dan Panglima TNI. Panelis lainnya yakni dari KPU, Bawaslu, DKPP, dan pejabat Kemendagri.

Peserta rakor diperkirakan lebih dari 1.000 orang mengingat jumlah daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak pada 23 September 2020 sebanyak 270 daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/daerah.

Pada Pilkada Serentak tahun ini, pemilihan gubernur dan wakil gubernur berlangsung di sembilan provinsi, yakni meliputi Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sementara itu, pemilihan wali kota dan wakil wali kota akan dilaksanakan di 37 kota yang tersebar di 32 provinsi. Sedangkan pemilihan bupati dan wakil bupati bakal digelar di 224 kabupaten.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait