FOKUS

Mendagri Gelar Rakor Antisipasi Libur Cuti Bersama dengan Kepala Daerah dan Forkopimda

JAKARTA (tandaseru) – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia untuk mengantisipasi libur cuti bersama pada minggu depan.

Kegiatan “Rapat Koordinasi Antisipasi Libur Panjang Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW” itu dilakukan secara virtual pada Kamis, (22/10) di Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta.

Seperti diketahui minggu depan terdapat cuti bersama berbarengan dengan hari libur nasional peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Panjangnya hari libur tersebut akan berpotensi membuat mobilitas masyarakat melonjak.

Untuk itu, mengingat situasi saat ini di tengah pandemi, antisipasi ekstra perlu dilakukan, mulai dari pengamanan, pengaturan arus lalu lintas, hingga pencegahan penularan Covid-19.

“Mobilitas masyarakat yang tinggi, baik ada yang mungkin pulang kampung atau yang berlibur ke tempat tujuan berlibur dan lain-lain, sehingga menimbulkan kerawanan di bidang lalu lintas, baik darat, laut maupun udara, yang perlu diantisipasi oleh semua stakeholder pusat dan daerah, dan juga kerawanan yang paling utama sekali pada masa pandemi ini kerawanan penularan,” ujar Mendagri.

Dalam rapat itu hadir secara langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh. Mahfud MD dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk memberikan arahan kepada para kepala daerah dan Forkopimda.

Di samping itu, hadir secara virtual beberapa pejabat yang mewakili kementerian/lembaga, di antaranya Kementerian Agama, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Ketenagakerjaan, BIN, TNI, dan Polri, dan ikut memberikan arahan dalam rangka antisipasi libur panjang tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait