FOKUS

Mendagri: Para Muda Praja IPDN Bukan Militer, Tapi Sipil Berseragam

Tandaseru – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian mengatakan para Muda Praja yang dilantik merupakan sipil yang berseragam dan harus memiliki mental dan watak warga sipil, bukan militer.

 

Meski ada kurikulum dalam pelatihan yang memiliki cara militeristis, namun Tito menyebutkan tidak berarti Praja diarahkan pada budaya militer. Militeristis yang diterapkan, bertujuan untuk mendidik praja agar disiplin dan memiliki kesetiaan pada negara.

 

“Adik-adik semua adalah sipil yang berseragam. Harus memiliki mental dan watak sipil. Kalau ada kurikulum dalam pelatihan pendidikan berwarna militer, tidak berarti diarahkan pada budaya militeristis,” ujar Tito saat melantik 1.608 calon Muda Praja IPDN angkatan XXX menjadi Muda Praja di Kampus IPDN, Kabupaten Sumedang, Jatinangor, Kamis (31/10).

Mendagri mengatakan cara militeristis tidak disikapi berlebihan oleh Praja. Misalnya dengan melakukan tindakan kekerasan dari senior kepada juniornya. Tindakan semacam itu, kata Tito, tidak boleh terjadi sehingga tindak kekerasan sering dilakukan senior kepada junior di IPDN bahkan hingga menimbulkan korban jiwa.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait